Lokasi Program

Kecamatan Katang Bidare, Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau

KEPULAUAN RIAU, KABUPATEN LINGGA, KATANG BIDARE, BENAN

KKN PPM UGM 2021 Benan, Lingga, Kepulauan Riau

Gambaran Umum

Kuliah Kerja Nyata – Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Universitas Gadjah Mada yang mengambil tema “Peningkatan Kapasitas dan Potensi Bahari Melalui Pemberdayaan Masyarakat, Pariwisata, serta Penguatan Ekonomi Kreatif Berbasis Kearifan Lokal di Kecamatan Katang Bidare, Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau”. Pemilihan lokasi untuk KKN-PPM berdasarkan pada kondisi lingkungan sosial mendukung untuk pengembangan.

Kini Kecamatan Katang Bidare tengah digunakan sebagai tujuan wisata andalan di Kepulauan Riau yang tengah dikembangkan jenis wisata alam (eco tourism) dan jenis wisata bahari lainnya seperti wisata pantai, wisata budaya, wisata pemancingan dan wisata olahraga. Selain itu, saat ini tengah dibangun resort guna menunjang pengembangan wisata alam dan wisata bahari tersebut. Hal tersebut didukung dengan upaya pemerintah Provinsi Kepulauan Riau dan pemerintah Kabupaten Lingga untuk mengelola dan melindungi kawasan pesisir yang memiliki sumber daya alam hayati laut sedang digalakkan.

Penduduk Pulau Benan terdiri dari 150 kepala keluarga. Penduduk Pulau Benan masih berfokus pada perikanan tangkap, sehingga diperlukan peningkatan keterampilan sumberdaya manusia, sehingga pengembangan ekonomi kreatif (pengolahan hasil laut dan pembuatan souvenir khas) di daerah ini perlu dilakukan mengingat potensi wisata yangmenjanjikan.

Aspek yang menjadi perhatian dari tim KKN-PPM Katang Bidare ini adalah peningkatanpotensi bahari, pariwisata, ekonomi kreatif, dan pemberdayaan masyarakat yangmana diharapkan dapat mendukung peningkatan potensi bahari dan pemberdayaan masyarakatdi Kecamatan Katang Bidare tersebut. Disamping itu, tim kami juga tetap akan berkontribusidalam sektor-sektor lainnya seperti kesehatan lingkungan dan masyarakat, infrastruktur pendidikan, kebudayaan, dsb. Hal ini dilakukan, karena dibutuhkan kesadaranmasyarakat untuk mengembangkan desanya menjadi desa yang lebih baik, denganpengelolaan sumber daya manusia yang baik, maka optimalisasi pengelolaan sumberdaya alam akan lebih baik. Program pemberdayaan dilakukan melalui metode partisipasifdengan melibatkan masyarakat sehingga dapat menciptakan pola pemberdayaan yang sustainable.


Potensi

Kecamatan Katang Bidare tengah digunakan sebagai tujuan wisata andalan di KepulauanRiau yang tengah dikembangkan jenis wisata alam (eco tourism) dan jenis wisata bahari lainnya seperti wisata pantai, wisata budaya, wisata pemancingan dan wisataolahraga. Selain itu, saat ini tengah dibangun resort guna menunjang pengembanganwisata alam dan wisata bahari tersebut. Hal tersebut didukung dengan upayapemerintah Provinsi Kepulauan Riau dan pemerintah Kabupaten Lingga untuk mengeloladan melindungi kawasan pesisir yang memiliki sumber daya alam hayati laut sedangdigalakkan.


Akses

Bandara Hang Nadim, Pelabuhan Batam



Informasi Lokasi Program

  • Nama Lokasi :
    Kecamatan Katang Bidare, Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau
  • Status :
    aktif
  • Pengusul Program :
    KKN Katang Bidare
  • Tanggal Buat :
    03 Juni 2021
  • Periode :
    2 Tanggal 05 Juli 2021 s/d
    23 Agustus 2021
  • Banyak Program :
    1

Lihat Program