Lokasi Program

Ngoro-Oro

DI YOGYAKARTA, KABUPATEN GUNUNG KIDUL, PATUK, NGORO ORO

Pengembangan Ekonomi Kreatif Berbasis Wisata dan Potensi Lokal Masyarakat Pada Masa Pemulihan Pandemi Covid-19 di Kapanewon Patuk, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta

Gambaran Umum

Sebagai salah satu kalurahan di daerah Kabupaten Gunungkidul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, kalurahan ini memiliki beragam potensi baik dari sumber daya alam, budaya, maupun kearifan lokal masyarakat. Potensi yang ada telah memberikan pengaruh pada perekonomian masyarakat, di mana sebagian besar pendapatan masyarakat bersumber dari sektor pertanian dan nonpertanian, utamanya pada sektor pariwisata. Berjalannya sektor-sektor tersebut juga didukung dengan topografi berbukit yang membuat sebagian besar wilayahnya dapat dimanfaatkan untuk lahan pertanian, perkebunan, dan peternakan, serta keindahan alamnya dapat menciptakan daya tarik tersendiri bagi wisatawan untuk berkunjung. Akan tetapi, adanya Pandemi Covid-19 lalu telah mengakibatkan banyak permasalahan yang mempengaruhi berbagai sektor kehidupan, mulai dari sektor pendidikan, ekonomi, kesehatan, pariwisata, pemerintahan, dan sektor lainnya. Dilihat dari akar permasalahan tersebut, kegiatan pengabdian yang akan dilaksanakan bertujuan: (1) mengembangkan perekonomian masyarakat dengan pengembangan ekonomi kreatif berbasis wisata dan potensi lokal masyarakat Ngoro-Oro; (2) meningkatkan kualitas sumber daya manusia sehingga dapat mengelola berbagai aktivitas ekonomi kreatif yang berbasis wisata dan potensi lokal masyarakat Ngoro-Oro; (3) memaksimalkan potensi daerah dalam upaya pengembangan ekonomi kreatif berbasis wisata dan potensi lokal masyarakat Ngoro-Oro; dan (4) mengembangkan sistem jaringan informasi digital dalam upaya pengembangan ekonomi kreatif berbasis wisata dan potensi lokal masyarakat Ngoro-Oro. Program rancangan KKN-PPM diharapkan dapat meningkatkan kapasitas masyarakat dalam mengelola potensi lokal yang ada dengan upaya pengembangan ekonomi kreatif masyarakat. Kami menargetkan adanya strategi kreatif yang diterapkan untuk pengembangan ekonomi, baik dalam sektor wisata maupun potensi lokal. Dalam pengembangan tersebut, kami juga menargetkan keterampilan masyarakat pengelola sektor wisata dan potensi lokal, melalui penggunaan teknologi digital dalam pemasaran maupun administrasi pemerintah. Dengan begitu, masyarakat dapat mengembangkan ekonomi kreatif berbasis wisata dan potensi lokal dengan lebih baik. 


Potensi

Kalurahan Ngoro-Oro memiliki potensi lokal yang cukup melimpah. Salah satu sumber daya ekonomi yang sangat potensial adalah sumber daya wisata alam serta hasil pertanian dan peternakan. Kedua potensi tersebut belum di kembangkan secara terpadu menjadi suatu kekuatan ekonomi lokal masyarakat. Di sisi lain potensi sumber daya manusia dalam mengembangkan dan memasarkan potensi yang ada belum memanfaatkan secara maksimal teknologi sehingga berdampak pada pendapatan yang belum maksimal pula.

 


Akses

Lokasi ini dapat diakses menggunakan kendaraan roda 2 dan roda 4.



Informasi Lokasi Program

  • Nama Lokasi :
    Ngoro-Oro
  • Status :
    aktif
  • Pengusul Program :
    Semathuk Indah
  • Tanggal Buat :
    30 Mei 2022
  • Periode :
    2022 Tanggal 25 Juni 2022 s/d
    13 Agustus 2022
  • Banyak Program :
    0

Lihat Program